Pelajaran Kedua: Perkenalan
Indikator Pelajaran:
Setelah mempelajari pelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu:
a. Memahami penggunaan kata doram serta perubahannya sesuai subjek
b. Mengetahui pengunaan kata kerja هستم hastam
c. Mengetahui persamaan subjek شما=تو dan ایشان=تو
d. Menguasai kosakata baru
e. Mampu bercakap-cakap seputar perkenalan
A. Percakapan گفتگو (guftegu)
Perhatikanlah percakapan antara Ahmad dan Husein. Lalu praktekan didepan kelas!.احمد : سلام، اسم شما چیست؟
Ahmad: salom, isme syumo cist?
Ahmad: halo, nama anda/kamu siapa?
حسین: سلام، اسم من حسین است. اسم شما چیست؟
Husein: salam, isme man Husein ast. Isme syumo cist?
Husein: halo, nama saya Husein. Namamu siapa?
احمد: اسم من احمد است
Ahmad: isme man Ahmad ast
Ahmad: Nama saya Ahmad.
حسین: حال شما خوب است؟
Husein: Hole syumo khub ast?
Husein: Bagaimana kabarmu?
احمد: الحمدلله خوبم، ممنون.
Ahmad: Alhamdulillah khubam, mamnun
Ahmad: Alhamdulillah baik, terimakasih.
حسين: شما اهل کجا هستی؟
Husein: Syumo ahle kujo hasti?
Husein: Kamu berasal darimana?
احمد: من اهل ایران است. و شما اهل کجا هستی؟
Ahmad: Man ahle Iran ast. Va syumo ahle kujo hasti?
Ahmad: Saya adalah orang Iran. Dan kamu orang mana?
حسین: من اهل اندونزی هستم
Husein: Man ahle indonezi hastam
Husein: Saya orang Indonesia.
احمد : اسم او چیست؟
Ahmad: Isme u cist?
Ahmad: Nama dia siapa?
حسین: اسم او امین است
Husein: Isme u Amin ast
Husein: Namanya adalah Amin
احمد: او برادر شما است؟
Ahmad: u barodar syumo ast?
Ahmad: Apakah dia saudara laki-laki mu?
حسین: نه، او برادر من نیست. او دوست من است.
Husein: nah, u barodar man nist. U duste man ast.
Husein: tidak,dia bukan saudara laki-laki saya. Dia teman saya.
احمد: او اهل کجا است؟
Ahmad: U ahle kujo ast?
Ahmad: Dia berasal dari mana?
حسین: او بحرین است.
Husein: U bahrein ast
Husein: Dia orang Bahrain
B. Teks متن (Matan)
Perhatikanlah teks dibawah ini, lalu bacalah didepan kelas.Salom, isme man Riza ast. Man ahle indonezi hastam. Man donesju hastam. Va dar Sadra kolej darse mikhonam. Man dar syahre Banda Aceh zendegi mi kunam. Man seh barodar va yek khohar doram.
Halo, nama saya adalah Riza. Saya orang Indonesia. Dan saya kuliah di Kampus Sadra. Saya memiliki 3 orang saudara laki-laki, dan satu orang saudara perempuan.
C. Kosakata
Hafallah kosakata dibawah ini:
من (man) saya
تو (tu) kamu
او (u) dia
ما (mo) kami
شما (syumo) kalian/anda
آنها (onho) mereka
اسم (isme) nama
است (ast) adalah
هستم (hastam) adalah
سلام (salam) halo
دانشگاه (donesgoh) Universitas
دانشجو (donesju) siswa/mahasiswa
زندگی می کنم (zendegi mi kunam)
برادر (barodar) Saudara laki-laki
خواهر (khohar) Saudara perempuan
D. Tata Bahasa
1. Penggunaan kata دارم
Pembahasan kali ini, kita akan belajar menyatakan kepunyaan. Dalam bahasa Persia, دارم doram bermakna saya mempunyai. Kata دارم berasal dari Masdar داشتن dostan. دارم adalah bentuk kata present dalam bahasa Persia. Lalu bagaimana penggunaan kata دارم?
من یک کتاب دارم
Man yek ketob doram
Saya mempunyai sebuah buku
من یک مداد ندارم
Man yek medod nadoram
Saya tidak mempunyai sebuah pensil
آیا شما یک مداد داری؟
Oyo syumo yek medod dori?
Apakah kamu mempunyai sebuah pensil?
بله، من يک مداد دارم
Baleh, man yek medod doram
Iya, saya mempunyai sebuah pensil
نه، من یک مداد ندارم
Nah, man yek medod nadoram
Tidak, saya tidak mempunyai sebuah pensil.
Dari 5 contoh kalimat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kata kerja دارم selalu berada di akhir kalimat. Dan jika ingin mengubah kalimat negatif, kita harus menambahkan ن pada kata kerja tersebut. Contoh nya pada kata دارم, jika ingin diubah menjadi kalimat negatif, maka menjadi ندارم nadoram yang artinya tidak mempunyai.
2. Perubahan kata kerja دارم dan penggunaannya
Sebagaimana yang telah penulis jelaskan di atas bahwa kata دارم merupakan perubahan bentuk kata kerja dari masdar ke bentuk present. Masdar sendiri adalah bentuk kata kerja dasar. Lalu untuk mengubah ke bentuk present, maka kita harus mengetahui Bun muzarig dari masdar tersebut. Contohnya, داشتن dostan. Bun muzarig nya adalah دار dor. Lalu disesuaikan dengan subjek. Dalam bentuk present, setiap subjek memiliki penanda fa'il nya yang berbeda-beda.
Subjek من (man) saya, penanda fa'il nya م
Subjek تو (tu) kamu, penanda fa'il nya ی
Subjek او, penanda fa'il nya د
Subjek ما, penanda fa'il nya یم
Subjek شما, penanda fa'il nya ید
Subjek آنها, penanda fa'il nya ند
Contoh:
من دارم
تو داری
او دارد
ما داریم
شما دارید
آنها دارند
3. Pengunaan kata kerja هستم hastam
Kata kerja هستم merupakan to be dalam bahasa Persia. هستم memiliki arti "adalah". Kata kerja ini merupakan bentuk present dari masdar بودن budan.
Berikut adalah tasrifnya:
من هستم man hastam
تو هستی tu hasti
او است u ast
ما هستیم mo hastim
شما هستید syumo hastid
آنها هستند onho hastand
Contoh:
من دانشجو هستم
Man donesju hastam
Saya adalah mahasiswa
او برادر من است
U barodar man ast
Dia adalah saudara laki-laki saya
ما سه برادر هستیم
Mo seh barodar hastim
Kami adalah 3 bersaudara
Sama seperti kata دارم, kata هستم bisa juga dalam bentuk negatif.
Contoh:
من زضا نیستم
Man Riza niatam
Saya bukan Riza
او برادر من نیست
U barodar man nist
Dia bukan saudara laki-laki saya
4. Subjek شما=تو
Perlu kita ketahui bahwa dalam percakapan, تو dan شما memiliki arti yang sama, yaitu kamu. Bedanya تو digunakan untuk teman sebaya, sedangkan شما digunakan untuk yang lebih tua atau untuk menghormati lawan bicara, sehingga subjek شما bermakna anda.Contoh:
تو استاد هستی
Tu ustad hasti
Kamu adalah guru
Bisa juga:
شما استاد هستی
Syumo ustad hasti
Anda adalah guru
Atau
شما استاد هستید
Syumo ustad hastid
Anda/kalian adalah guru
Kesimpulannya, ,شما digunakan untuk menuakan/ menghormati lawan bicara.
5. Subjek او= ایشان
Seperti penjelasan diatas, ایشان digunakan untuk menuakan/ menghormati. Kedua kata ini merupakan kata ganti orang ketiga. ایشان memiliki makna beliau, dan bisa juga bermakna mereka. Tapi dalam percakapan, ایشان dimaknakan beliau, itu bertujuan untuk menghormati.
Contoh:
او استاد است
U ustad ast
Dia adalah guru
Bisa juga:
ایشان استاد است
Isyon ustad ast
Beliau adalah guru
Atau
ایشان استاد هستند
Isyon ustad hastand
Beliau/mereka adalah guru
E. Latihan
Supaya lebih paham, ayo kita latihan soal.
1. Ubahlah masdar dibawah kedalam bentuk present, lalu tasriflah sesuai penanda fa'il nya masing-masing.
آمدن
خریدن
خواندن
دادن
زدن
گفتن
کردن
شدن
خواندن
خوردن
دیدن
رفتن
2. Terjemahkanlah kedalam bahasa Persia
من خواهر ندارم
او یک برادر دارد
آنها سه کتاب دارند
ایشان مدار من است
ایشان یک پسر و سه دختر دارند
Post a Comment
Post a Comment