Rahasia Malam Lailatul Qadar

1 comment
Rahasia Malam Lailatul Qadar
Oleh: Nanda,S.Pd

Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang terbaik dari bulan-bulan lainnya. Betapa tidak, pada bulan Ramadhan selain pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, pahala yang dilipatgandakan, Al-Qur'an juga turun pada bulan suci Ramadhan, namun didalam bulan Ramadhan juga terdapat malam yang terbaik dari seribu bulan yaitu bulan Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari seluruh malam-malam bulan Ramadhan. Bahkan Al-Qur'an juga menjelaskan bahwa malam lailatul qadar itu lebih baik daripada seribu malam.

Tetapi alangkah sayangnya, begitu banyak versi yang menerangkan malam terjadinya lailatul qadar. Ada yang berpendapat bahwa malam lailatul qadar terjadi pada malam-malam ganjil pada tanggal 10 akhir bulan ramadhan, dan ada juga berpendapat pada malam pertama Ramadhan, bahkan dalam riwayat Ahlulbait as bahwa malam lailatul qadar jatuh pada tanggal 19,21 dan 23 Ramadhan. Oleh sebab itu, malam lailatul qadar masih menjadi misteri kapan sebenarnya terjadi. Allah SWT sengaja menyembunyikan beberapa hal pada manusia, salahsatunya malam Lailatul Qadar.

Betapa tidak, Allah menyembunyikan malam Lailatul Qadar bertujuan agar manusia bersungguh-sungguh menghidupkan malam-malam Ramadhan guna bisa berjumpa dengan malam Lailatul Qadar. Penyembunyian kapan terjadinya malam Lailatul Qadar bukan berarti Allah memberikan harapan palsu pada umat manusia. Namun tujuan Allah menyembunyikannya agar manusia bersungguh-sungguh di setiap malamnya. Sebab jika Allah memberi tahu kapan waktu Lailatul Qadar, niscaya manusia hanya akan konsentrasi pada malam itu saja. Dan bermalas-malas di malam berikutnya. 

Related Posts

1 comment

Post a Comment