Bahasa Persia: Cara Membuat Fi'il Amr (Kata Kerja Perintah)

Post a Comment
Bahasa Persia:Cara Mengubah Fi'il Amr (Kata Kerja Perintah)
Oleh: Nanda, S.Pd


Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam bahasa Persia pada umumnya terdapat 3 fi'il yaitu fi'il madhi, fi'il Mudhori dan fi'il Amr. Fi'il Amr adalah kata kerja perintah. Kata kerja perintah hanya untuk pada fa'il شما syumo (anda, kalian) dan fa'il تو‌ tu (kamu).
Lalu bagaimana cara membuat fi'il Amr? Sebenarnya membuat fi'il Amr sangat gampang loh gaes. Kita cukup tahu rumus nya kok.
Rumus fi'il amr:
ب+بن مضارع
Tentu kita harus mengetahui Bun muzarig بن مضارع nya dulu dari satu kata Masdar kata kerja. 
Contoh: خوابدن khobidan tidur (Masdar). Lalu kita cari Bun muzarig dari Masdar tersebut. Bun muzarig dari masdar tersebut adalah خواب khob. Lalu kita ikuti seperti rumus di atas, بخواب bikhob tidurlah.
Kamu tidurlah تو بخواب tu bikhob.
Lalu untuk fa'il شما syumo (anda/kalian) bagaimana buat fi'il Amr nya. Caranya sama juga, hanya saja harus menambahkan ید di akhir kata kerja sebagai penanda fail شما
Contoh:
Kalian tidurlah!!
شما خوابید!!!
Syumo khobiid!!

Catatan: untuk Masdar آمدن Datang memiliki Bun muzarig nya آ maka kita tidak hanya menambahkan huruf ب untuk menjadikan fi'il Amr. Maka kita harus menambahkan huruf ي setelah huruf ب. Jadi Masdar آمدن dijadikan fi'il Amr menjadi بیا Boyo datanglah, bukan با sebab kata ini berarti "dengan" bukan "datanglah". Jadi khusus kata ini maka wajib menambahkan huruf ي‌ ya. Ingat ya, khusus buat kata ini saja.
Rumusnya begini:
ب+ي+بن مضارع
Kamu datanglah
تو‌‌ بیا
Tu Boyo
Kalian datanglah
شما بیایید
Syumo boyoyid

Semoga bermanfaat






Baca juga:

Related Posts

Post a Comment